Tuesday, June 22, 2010

Plan Lesson for English Subject


Tujuan Pembelajaran :
I. Siswa dapat menyebutkan hewan-hewan dalam bahasa Inggris.
II. Siswa mengetahui aktivitas hewan-hewan dalam bahasa Inggris.
III. Siswa mengenal habitat hewan-hewan dalam bahasa Inggris.
Metode Pembelajaran :
I. Siswa dapat menyebutkan hewan-hewan dalam bahasa Inggris dengan menggunakan Flash Card.
II. Siswa mengetahui aktivitas hewan-hewan dalam bahasa Inggris dengan cara menjelaskan kepada siswa dengan melakukan gerakan pada anggota tubuh sesuai dengan cara bergerak hewan yang sedang diterangkan.
III. Siswa mengenal habitat hewan-hewan dalam bahasa Inggris dengan menggunakan media pembelajaran.
Langkah – langkah kegiatan pembelajaran :
1. Kegiatan awal
- Guru menceritakan cerita fabel kepada siswa.
- Guru bertanya mengenai hewan yang terkait dengan cerita.
a. Hewan apa saja yang terkait dalam cerita tersebut?
b. Bagaimana cara hewan-hewan tersebut bergerak?
c. Dimana hewan-hewan tersebut tinggal?
Presentasi
Guru menjelaskan/ memperkenalkan kata-kata target. Dengan cara menunjukan flash card/ meminta siswa mengulang ucapan guru. Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.

2. Kegiatan Inti
- Inti I
Guru memperagakan bagaimana cara hewan – hewan tersebut bergerak sesuai dengan gambar yang ada dalam flash card yang sedang ditunjukkan guru kepada siswa.
- Inti II
Guru menunjukkan media pembelajaran, lalu membagi kelompok sesuai barisan dan menunjuk ketua kelompok. Guru membagikan flash card pada tiap kelompok. Tiap siswa dituntut untuk menghafal nama hewan-hewan dalam bahasa inggris sesuai dengan flash card yang siswa dapat dalam kelompok. Ketua kelompok menempelkan flash card bergambar hewan-hewan pada media pembelajaran sesuai dengan habitat alaminya setelah melakukan diskusi dengan anggota kelompok.
- Inti III
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja kelompok. Penilaian berdasarkan ketepatan siswa dalam mengelompokkan hewan sesuai dengan habitatnya. Lalu guru menugaskan setiap siswa untuk membuat kalimat berbahasa inggris sesuai dengan hewan-hewan yang telah kelompoknya tempelkan. Kalimat tersebut mencakup cara bergerak dan habitat hewan yang telah kelompoknya tempelkan di media pembelajaran. Contohnya : kelompok 1 sebelumnya menempelkan capung (dragonfly), maka setiap anggota termasuk ketua kelompoknya menulis kalimat.
Dragonfly(nama hewan)
fly(cara bergerak)
in the air(habitat)
sehingga “Dragonfly fly in the air (capung terbang di udara)”

3. Kegiatan penutup
I. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya hal-hal yang kurang dimengerti atau memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi selama berlangsungnya KBM (evaluasi).
II. Memberikan ulangan fill in the blank kepada siswa
1. Fish swim in the w _ t_ r
2. Bird f _ _ in the air
3. _ ow lives in the land
4. Monkey jump in the _ ree
5. Ray swim in the s _ a
III. Memberi Pekerjaan Rumah dengan menugaskan siswa untuk menulis hewan-hewan yang ada dilingkungan sekitarnya dan menerjemahkan hewan-hewan tersebut kedalam bahasa inggris dengan bantuan kamus.

No comments: