Tuesday, April 30, 2013

Tentang Tahajud


Tahajud, yaitu sholat yang dilakukan pada malam hari di luar bulan Ramadhan, yang dilaksanakan setelah sholat Isya dan diawali dengan tidur terlebih dahulu. Alloh swt. memuliakan orang yang suka melakukan sholat tahajud.

"Dan dari sebagian malam ini gunakanlah untuk bertahajud sebagai sholat sunah bagimu, semoga Tuhanmu akan membangkitkanmu pada kedudukan yang terpuji" (Q.S. Al-Isra:79).

Sholat tahajud bisa dilaksanakan awal malam (setelah Isya), tengah malam atau akhir malam (menjelang subuh/ sekitar jam tiga malam). tetapi alangkah baiknya jika sholat tahajud dilaksanakan pada tengah malam yang terakhir (sekitar jam dua atau tiga malam). sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Imam Ahmad.

Suatu saat Abu Dzar r.a. ditanya oleh seorang sahabatnya, "kapankah waktu sholat malam yang lebih utama?" Abu Dzar menjawab, "Saya pernah menanyakannya pada Rasulullah saw., beliau bersabda, 'Pada tengah malam yang terakhir, tetapi sedikit sekali yang suka mengerjakannya". setelah sholat tahajud kita diperbolehkan untuk tidur lagi, sebagaimana dijelaskan dalam riwayat berikut ini. Aisyah r.a. berkata "Ssesungguhnya Rasulullah saw., sholat malam sebelas raka'at, termasuk di antaranya witir  satu raka'at. Apabila  beliau telah selesai sholat, beliau tidur menghadap ke kanan, hingga datang waktu azan. lalu beliau sholat dua raka'at dengan ringkas." (H. R. Muslim).

sedangkan jumlah tahajud adalah sebelas raka'at, sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim. Abu Salamah bin Abdurrahman r.a. bertanya kepada Aisya r.a., "Bagaimana cara sholat  Nabi saw. dalam (malam) bulan Ramadhan?" Aisyah menjawab, "Beliau sholat tidak lebih dari sebelas raka'at, baik dalam bulan ramadhan maupun di luar bulan Ramadhan. Mula-mula Beliau sholat empat raka'at. jangan tanya tentang bagus dan lamanya. Kemudian sholat empat raka'at lagi, jangan tanya pula tentang bagus dan lamanya. kemudian sholat witir tiga raka'at." Aisyah berkata, "Aku pernah bertanya kepada Rasulullah saw; apakah beliau tidur terlebih dahulu sebelum witir?" Maka Rasulullah saw menjawab, "Wahai Aisyah, kedua mataku memang kelihatan tidur, tetapi hatiku tidak." (H. R. Muslim)

Tata cara pelaksanaan sholat tahajud bukan hanya empat raka'at, empat raka'at, kemudian tiga raka'at, sebagaimana dijelaskan dalam riwayat di atas. tetapi juga bisa dilakukan dua raka'at sebanyak lima kali kemudian witir satu raka'at. hal ini dijelaskan dalam hadits. Dari Aisyah r.a. dia berkata, "Rasulullah saw. pernah sholat (tahajud) anatara waktu Isya dan Subuh sebanyak 11 raka'at. kemudian salam pada 2 raka'at, kemudian witir satu raka'at." (H.R. Bukhari).

Diambil dari : Amiruddin, Aam. Bedah Masalah Kontemporer II: Tanya-Jawab Ibadah & Muamalah.

No comments: