Thursday, August 12, 2010

Term Of Reference


Sekedar share,
inilah tor pertama yang ana buat, barangkali butuh sedikit referensi wujud tor itu seperti apa, Tafadhol....

TERM OF REFERENCE
A. Dasar Pemikiran
Dewasa ini generasi muda Islam Indonesia, nampak jauh dari nilai – nilai ajaran Islam. Hal ini didukung oleh adanya pemberitaan di media cetak maupun media elektronik mengenai tindakan – tindakan remaja muslim yang sudah melewati batas norma – norma ajaran Islam, seperti tawuran yang dilakukan oleh sekelompok remaja dengan alasan yang tidak logis. Bukan hanya itu, tindakan asusila menjadi kasus yang santer terjadi di kalangan remaja muslim.
Generasi muda Islam merupakan generasi penerus eksistensi Islam. Sejatinya pemuda Islam mampu menjadi manusia yang bertakwa, cerdas dan tangguh dalam menghadapi perkembangan zaman dengan membentuk karakter yang islami. Karena manusia adalah khalifah (pemimpin). Timbulnya karakter pemuda islam yang hedonis merupakan implikasi dari kurangnya pengetahuan serta kesadaran terhadap tsaqofah Islam. Islam sebagai pedoman hidup telah mengatur seluruh aspek kehidupan seperti etika pergaulan, etika terhadap orang tua, ibadah dll yang tercantum dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits.
Kecenderungan pemuda Islam terhadap gaya hidup yang hedonis memerlukan adanya pengetahuan terhadap tujuan hidup dengan mengetahui konsekuensi yang akan diperoleh ketika memutuskan suatu perkara dalam hidup mengenai baik dan buruknya. Hal ini telah dijelaskan dalam firman Alloh :
وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَلَلدَّارُ الْآَخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ أَفَلَا تَعْقِلُونَ
Artinya : “Dan kehidupan dunia ini, hanyalah permainan dan senda gurau. Sedangkan negeri akhirat itu, sungguh lebih baik bagi orang – orang yang bertakwa. Tidakkah kamu mengerti?'(Al-An'am:32)”.
Selain perlu adanya pengetahuan mengenai tujuan hidup, remaja muslim perlu dibekali mengenai etika dalam berperilaku terhadap kedua orang tua terutama ibu. Sehingga mewujudkan generasi Islami yang tangguh.
B. Tujuan
1. Peserta mengetahui konsekuensi segala perbuatan yang telah dilakukannya selama hidup di dunia.
2. Peserta menyadari pengorbanan orang tua dalam mendidik serta membesarkannya terutama ibu.
3. Peserta berperilaku menjadi lebih baik setelah mengetahui kematian yang pasti akan dialami setiap makhluk hidup.

C. Tempat dan Waktu
SD Islam Terpadu Al-Bina Jl KNPI Ciseureuh Purwakarta.
Sabtu, 14 Agustus 2010 pukul 13.00-15.15 WIB.
D. Bentuk Kegiatan dan Tema
Pesantren Kilat Ramadhan bertemakan “Bina Diri dan Raih Prestasi di Bulan Ramadhan”.
E. Peserta Kegiatan
Akan Mengundang peserta yang terdiri dari Siswa SMP dan SMA se – Purwakarta.

No comments: